Selasa, 05 April 2011 | By: Unknown

Cara Membuat Balon Udara Sederhana

Cara Membuat Balon Udara Sederhana

Cara membuatnya pertama adalah memotong tas kresek menjadi lembaran-lembaran yang nantinya akan disatukan. Potong lembaran kresek menjadi bentuk segi empat.













Satukan tiap-tiap lembar kresek menggunakan lilin. Caranya seperti kalau orang membungkus krupuk dengan plastik, 2 sisi plastik direkatkan dengan cara dibakar pakai lilin. Hati-hati karena tahap ini yang paling menyita waktu dan butuh teliti, salah sedikit kresek bisa bolong karena terbakar. Pelan-pelan aja yang penting jadi. Agar lebih mudah, bisa gunakan lidi. Ukurannya dikira-kira dengan ukuran plastik yang dipakai, yang diharapkan hasil akhirnya membentuk seperti tabung dengan diameter lebih dari 30cm, umumnya diameter 50cm sudah bagus dengan ketinggian 1m lebih.










Setelah jadi, tahap berikutnya adalah membuat tutup untuk bagian atasnya. Buat dari beberapa lembar kresek yang disatukan, kemudian diukur berapa yang dibutuhkan untuk membuat tutup atas. Satukan dengan lilin seperti sebelumnya.
Badan balon sudah jadi, tinggal membuat bagian bawah yang nantinya akan dipakai untuk mengaitkan gombal. Bahannya bisa dari bambu atau kawat, yang penting adalah ringan. Bentuk seperti lingkaran dengan diameter kurang dari diameter tabung yang dibuat tadi. Semisal tabung dari kresek dibuat 50cm, maka lingkaran bawah dibuat menjadi 30cm. Kemudian, tengahnya diberi kawat yang membentuk tanda plus.

Selesai, kemudian satukan kresek dengan lingkaran masih menggunakan cara biasa yaitu dengan bantuan dibakar lilin. Mungkin bingung kenapa jika diameter tabung 50cm kok lingkarannya 30cm. Sebenarnya sebelum disatukan, tabung dari kresek tadi dipotong dulu agar diameter bawah sesuai dengan diameter lingkaran bambu. Tujuannya agar balon bisa terlihat lebih gembung.

Bagian yang ada garis putus-putus adalah yang perlu dipotong, kemudian disambung lagi dengan dibakar lilin.
Nah, jadilah balon sedehana. Siapkan gombal yang dibentuk seperti bola, diikat dengan kawat agar tidak berubah bentuk. Rendam dalam minyak goreng. Direkomendasikan, langkah ini dilakukan sehari sebelum membuat balon, karena semakin lama direndam, maka minyak yang dihisap gombal juga makin banyak. Artinya gombal bisa menyala lebih lama.

Berikutnya adalah saat yang ditunggu, menerbangkan balon. Siapkan dahan-dahan pohon atau daun kering untuk dibakar. Biasanya digunakan daun kelapa, jika tidak ada sesuaikan saja, yang penting bisa menghasilkan api yang besar. Daun dibakar mengeluarkan asap, usahakan asap masuk ke dalam balon.

Jika balon sudah mengembang dan dirasa sudah bisa terbang, kaitkan gombal ke tengah kawat dan nyalakan. Balon siap dilepaskan.


20 komentar:

Unknown mengatakan...

Mantap'z nih gan.....

IDe2 Kreatif anak bangsa....

Randi Abdillah mengatakan...

cara membuat gombal gimana gan ??

Edy Suranta EU Bangun. mengatakan...

ini baru ide kreatif bos...tp gombal itu apa ya?tx

Unknown mengatakan...

cara nyambungn plastik nya susah,

apakah lidi jadi medium penyambung antara plastik1 dengan plastik lainnya ??

Unknown mengatakan...

kalo pake polybag bisa terbang gak ??

Unknown mengatakan...

kerennnnnnnnn

Manavnaya mengatakan...

goooooooooooooooooood, mantaaaaaaaaaaaaaap. salut postingannya

Unknown mengatakan...

MAU COBA AKH/....TRIMS

Rizal Aditya mengatakan...

gombal = kain bekas pakai yang kering. bisa t-shirt, kain2 yang tidak terpakai lagi. biasanya buat nge-lap kaca, meja, biar rumah jadi bersih

mr.wotto mengatakan...

bahaya nanti kalau menjatuhi atap rumah orang laen dan api pada balon belum mati bisa2 terjadi kebakaran,apa kita siap bertanggung jawab? kriwikan dadi grojokan '

John Prio Elproaudio mengatakan...

Kalo bahannya dari rok seorang cewek bisa kaga' Om? Tapi roknya aja yg dibikin terbang, jgan sma isinya....

Wkwkwk....

Unknown mengatakan...

cobainn ahh

Unknown mengatakan...

bagus juga, tapi saya sudah buat gak jadi-jadi balonnya

Taufik Wijayanto mengatakan...

Kalau dari karet kondom bisa ngga gan?? saia susah cari bahan plastik, kalau karet kondom banyak, soalnya dapet gratisan dari Negara! :D

Unknown mengatakan...

makasih gan :D

Unknown mengatakan...

gombal itu kain yang sudah gak dipake gan :D

Unknown mengatakan...

sip, makasih gan :D

Blogger mengatakan...

Mas, apakah kreseknya itu tidak meleleh atau terbakar?

ogisi55 mengatakan...

Akhirnya saya menemukan informasi ini... Terima kasih. Akan saya coba :)

Acong mengatakan...

mantap

Posting Komentar